Hubungan Variabel Pemasaran Digital Terhadap Electronic Word Of Mouth (E-WOM): Sebuah Studi Literatur

Hariyanti, Novi Tri and Trianto, Edwin Meinardi and Wirapraja, Alexander (2020) Hubungan Variabel Pemasaran Digital Terhadap Electronic Word Of Mouth (E-WOM): Sebuah Studi Literatur. Teknika, 9 (2). pp. 146-155. ISSN 2549-8037

[img] Text (Article)
9-299 (FINAL)-Article Text-1134-1-15-20201014.pdf - Published Version

Download (420kB)
[img] Text (Peer Review Bapak Alexander Wirapraja)
Peer Review Jurnal Hubungan Variabel Pemasaran Digital Terhadap Electronic Word of Mouth (E-WOM) Sebuah Studi Literatur.pdf - Other

Download (183kB)
[img] Text (Hasil Cek Plagiasi)
Hubungan_Variabel_Pemasaran_Digital_Terhadap_Elect.pdf - Other

Download (3MB)
Official URL: http://ejournal.ikado.ac.id/index.php/teknika/arti...

Abstract

Pemasaran adalah bidang keilmuan yang menarik dan dilengkapi dengan aspek digital menjadikan pemasaran digital sebagai salah satu bidang keilmuan yang memiliki cakupan yang sangat besar, terlebih dengan mengaitkannya kepada keterlibatan konsumen. Pada penelitian terdahulu didapatkan variabel-variabel penelitian yang digunakan untuk mengukur kepuasan dari konsumen, maka dengan menggunakan metode penelitian studi literatur peneliti menemukan variabel-variabel yang dianggap dapat digunakan untuk mengukur persepsi konsumen dari sisi kualitas website, kepuasan dan keinginan konsumen untuk berbagi dengan konsumen lainnya, dengan memanfaatkan literatur ilmiah antara rentang waktu tahun 2015-2020. Hasil pemetaan literatur yang dilakukan didapatkan hasil bahwa variabel yang secara umum digunakan dalam penelitian pemasaran digital adalah kualitas website untuk mengukur kehandalan dari situs, kepuasan konsumen yang diungkapkan secara elektronik (e-satisfaction), kualitas informasi yang diberikan oleh situs dan keinginan konsumen untuk berbagi pengalaman pengunaannya kepada konsumen lain (E-WOM). Selain variabel didapatkan pula metode yang sering digunakan dalam penelitian pemasaran digital adalah menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan Structural Equation Modelling (SEM).

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: pemasaran digital, E-WOM, studi literatur
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Faculty of Information Technology
Faculty of Information Technology > Information System Department
Faculty of Information Technology > Management of Informatics Department
Depositing User: P3M IKADO
Date Deposited: 11 Nov 2020 06:58
Last Modified: 23 Jun 2022 07:40
URI: http://repository.ikado.ac.id/id/eprint/131

Actions (login required)

View Item View Item