Desain Bot Telegram Menggunakan Python 3.8 Dalam Membantu Proses Belajar dan Mengajar Secara Daring

Faid, Mochammad and Rahmawati, Titasari and Arifin, Zainal (2020) Desain Bot Telegram Menggunakan Python 3.8 Dalam Membantu Proses Belajar dan Mengajar Secara Daring. Nusantara Journal of Computers and Its Applications, 5 (2). pp. 79-84. ISSN 2528-0511

[img] Text (Artikel Jurnal)
194-514-1-PB.pdf - Published Version

Download (431kB)
Official URL: https://njca.co.id/main/index.php/njca/article/vie...

Abstract

Dimasa pandemi Covid19 semua pihak dipaksa untuk terbiasa dengan teknologi, termasuk juga dengan lembaga pendidikan, karena kegiatan belajar mengajar tidak bisa dilakukan seperti biasanya dimana siswa berkumpul dalam satu kelas kemudian guru mengajar materi secara langsung kepada siswa. Ada banyak beragam cara yang dilakukan berbagai sekolah dalam mengatasi permasalahan proses belajar dan mengajar jarak jauh, ada yang menggunakan media sosial dalam hal memantau anak didiknya, ada juga yang menggunakan aplikasi E-learning diantaranya Moodle dan Google Crassroom, ada juga yang menggunakan aplikasi conference seperti Zoom, Google Meet. Dari banyak solusi yang ada tentunya ada banyak kelebihan dan kelemahannya masing-masing, namun penelitian ini mencoba membuat E-learning dengan model yang mudah dan ringan penggunaannya, dibantu robot/bot telegram yang akan memandu siswa dalam hal melakukan pembelajaran menggunakan bot telegram, kelebihan yang lain adalah soal yang dikerjakan siswa akan langsung dikoreksi oleh robot dan nilainya langsung diberitahukan kepada siswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Bot Telegram, E-learning, Python
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Faculty of Information Technology
Faculty of Information Technology > Information System Department
Depositing User: P3M IKADO
Date Deposited: 05 Aug 2021 06:06
Last Modified: 05 Aug 2021 06:06
URI: http://repository.ikado.ac.id/id/eprint/161

Actions (login required)

View Item View Item