Implementasi DBSCAN dalam Clustering Data Minat Mahasiswa Setelah Pandemi Covid19

Kristianto, Ariel (2022) Implementasi DBSCAN dalam Clustering Data Minat Mahasiswa Setelah Pandemi Covid19. KONSTELASI: Konvergensi Teknologi dan Sistem Informasi, 2 (2). pp. 415-420. ISSN 2776-3102

[img] Text (Artikel Jurnal)
39_Kristianto_Implementasi+DBSCAN+dalam+clustering+data+minat++mahasiswa+setelah+pendemi+Covid-19+(4).pdf - Published Version

Download (343kB)
Official URL: https://ojs.uajy.ac.id/index.php/konstelasi/articl...

Abstract

Pandemi Covid19 mengubah pola kehidupan manusia, termasuk dunia pendidikan yang juga ikut terkena imbas dari pandemi ini. Proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di sekolah maupun pendidikan tinggi harus beradaptasi dengan kondisi saat pandemi ini. Proses KBM terpaksa harus dilaksanakan melalui media daring atau online. Hal ini dilakukan demi memutus rantai penyebaran virus Covid19. Penelitian ini bertujuan mencari minat mahasiswa dalam metode perkuliahan setelah pandemi ini usai, apakah dilaksanakan secara daring, luring ataupun gabungan (hybrid). Variabel yang digunakan dalam penelititan ini antara lain usia, jenis kelamin, semester, IPK dan segi keilmuan (Eksakta dan Non-Eksakta). Dalam proses mencari variabel penentu tersebut digunakan algoritma DBSCAN untuk mengelompokkan variabel yang berpengaruh dalam minat metode perkuliahan mahasiswa tersebut. Dari 385 responden didapatkan hasil faktor penentu mahsiswa dalam memilih minat metode perkuliahan adalah semester, IPK, dan kelompok ilmu (Eksakta atau Non-Eksakta) sementara usia dan jenis kelamin tidak mempengaruhi pemilihan minat metode perkuliahan mahasiswa tersebut.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: metode perkuliahan, daring, luring, DBSCAN
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Faculty of Information Technology
Faculty of Information Technology > Computer Engineering Department
Depositing User: P3M IKADO
Date Deposited: 19 Jul 2022 09:45
Last Modified: 19 Jul 2022 09:45
URI: http://repository.ikado.ac.id/id/eprint/232

Actions (login required)

View Item View Item