Wahyutiar, Rossyta and Magh'firoh, Restu Hendriyani and Bentri, Swesti Anjampiana and Hartanto, Hartanto (2022) Perancangan Buku Ilustrasi Tentang Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Kesehatan Mental Pelajar Usia 14 - 18 Tahun. Artika, 6 (2). pp. 153-164. ISSN 2355-8121
![]() |
Text (Artikel Jurnal)
5.pdf - Published Version Download (535kB) |
![]() |
Text (Hasil Cek Plagiasi)
PERANCANGAN_BUKU_ILUSTRASI_TENTANG_DAMPAK_PEMBELAJ.pdf - Other Download (1MB) |
Abstract
Pembelajaran online menggunakan platform seperti website, email, atau video konferensi melalui perangkat elektronik yang terhubung dengan internet. Namun, disamping dampak positif yang diberikan, pembelajaran secara daring juga memberikan dampak yang negatif pada para pelajar, terutama masalah psikologis. Masalah psikologis yang sering dikeluhkan antara lain stres hingga depresi dan gangguan kecemasan. Depresi adalah suatu keadaan yang akan mempengaruhi individu tersebut baik secara afektif, fisiologis, kognitif maupun perilakunya, sehingga mampu mengubah pola serta respon yang biasa dilakukan. Diciptakannya sebuah buku dengan adanya ilustrasi dapat menarik perhatian pembaca dan mempermudah seseorang memahami maksud yang ada. Perancangan ini menggunakan metode penelitian kualitatif (wawancara) dengan dokter Psikolog. Proses perancangan dimulai dari mencari ide, mendesain karakter, digitalisasi hingga buku siap untuk dicetak menggunakan kertas B5 dan jilid hardcover. Perancangan ini menggunakan media pendukung seperti tote bag, notebook, tumbler, case handphone, Instagram post, kaos, masker, poster, x – banner, dan gantungan kunci. Buku ilustrasi ini diharapkan dapat menarik minat, menambah wawasan, serta mengubah persepsi masyarakat tentang depresi yang menakutkan dan tidak dapat diatasi.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Buku Ilustrasi, Pembelajaran Daring, Kesehatan Mental |
Subjects: | N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR |
Divisions: | Faculty of Design Faculty of Design > Visual Communication Design Department |
Depositing User: | P3M IKADO |
Date Deposited: | 16 Dec 2022 01:32 |
Last Modified: | 16 Mar 2023 04:25 |
URI: | http://repository.ikado.ac.id/id/eprint/274 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |