Visual Novel Interaktif Cerita Fabel Kelinci Dan Kura-Kura Pada Smartphone Berbasis Android Dengan Memanfaatkan Framework Fungus

Serfia, Muhammad Irfan and Pattiasina, Timothy John and Trianto, Edwin Meinardi (2019) Visual Novel Interaktif Cerita Fabel Kelinci Dan Kura-Kura Pada Smartphone Berbasis Android Dengan Memanfaatkan Framework Fungus. Teknika, 8 (2). pp. 133-141. ISSN 2549-8037

[img] Text (Article)
230-Article Text-746-1-10-20191031.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Peer Review Bapak Timothy John Pattiasina)
Peer Review Jurnal Teknika - Visual Novel Interaktif Cerita Fabel Kelinci Dan Kura-Kura Pada Smartphone Berbasis Android Dengan Memanfaatkan Framework Fungus.pdf - Supplemental Material
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (Hasil Cek Similarity)
Visual_Novel_Interaktif_Cerita_Fabel_Kelinci_dan_K.pdf - Other
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text (Peer Review Bapak Edwin Meinardi T)
x. Peer Review - 2 - Fabel Kelinci dan Kura Kura.pdf - Other
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://ejournal.ikado.ac.id/index.php/teknika/arti...

Abstract

Ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang dengan pesat, dimana media pembelajaran dengan menggunakan buku mulai ditinggalkan dan beralih menggunakan bentuk digital. Untuk itu, dalam Tugas Akhir ini dirancang dan dibuat aplikasi berjudul “Vino: Kelinci Dan Kura-Kura” yang bertujuan untuk menarik minat baca anak usia 4 sampai 7 tahun. Aplikasi visual novel interaktif ini mengangkat tema cerita fabel yang dikemas dalam bentuk interaktif pada smartphone berbasis Android. Aplikasi ini dikembangkan dengan Unity 3D yang memanfaatkan Framework Fungus. Beberapa fitur dalam aplikasi ini adalah fitur touch dan drag yang membuat aplikasi menjadi lebih menarik untuk dimainkan. Selain itu, terdapat interaksi dalam setiap scene yang digunakan pengguna untuk menentukan alur cerita. Berdasarkan hasil pengujian white box testing menggunakan metode basis path, aplikasi berhasil berjalan dengan baik. Selanjutnya dilakukan uji coba usability testing menggunakan metode problem discovery. Dari hasil uji coba tersebut, aplikasi “Vino: Kelinci Dan Kura-Kura” dapat menarik minat baca anak usia 4 sampai 7 tahun. Hal ini dapat dibuktikan dari 10 responden yang memainkan aplikasi berulang kali untuk mencari tahu 3 jalan cerita yang berbeda, yaitu normal ending, bad ending, dan perfect ending.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Cerita Fabel, Framework Fungus, Usability Testing, Visual Novel Interaktif, White Box Testing
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Faculty of Information Technology
Faculty of Information Technology > Information System Department
Faculty of Information Technology > Management of Informatics Department
Depositing User: P3M IKADO
Date Deposited: 07 Nov 2019 04:38
Last Modified: 24 Nov 2020 03:34
URI: http://repository.ikado.ac.id/id/eprint/84

Actions (login required)

View Item View Item