Perancangan Board Game Untuk Mengenalkan Pakaian Adat DI Indonesia Bagi Anak Usia 10-12 Tahun

Magh'firoh, Restu Hendriyani and Victory, Hellena Happy (2023) Perancangan Board Game Untuk Mengenalkan Pakaian Adat DI Indonesia Bagi Anak Usia 10-12 Tahun. Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya, 6 (1). pp. 48-59. ISSN 2623-0305

[thumbnail of Artikel Jurnal Ilmiah] Text (Artikel Jurnal Ilmiah)
8875-21447-1-PB.pdf - Published Version

Download (777kB)

Abstract

Pakaian adat merupakan busana yang mengekspresikan identitas suatu daerah. Banyaknya provinsi di Indonesia mengakibatkan beragamnya pakaian adat yang ada. Namun seiring berkembangnya jaman, generasi muda mulai melupakan pakaian adat dan menganggap bahwa pakaian adat merupakan suatu hal yang ketinggalan zaman. Sehingga, banyak generasi muda yang bahkan tidak mengenali identitas pakaian adat Nusantara. Tujuan dari perancangan ini adalah merancang Board Game untuk mengenalkan kembali pakaian adat kepada anak usia 10- 12 tahun, agar pakaian adat Nusantara ini bisa dikenal sejak dini oleh generasi muda bangsa. Dalam penelitian ini terdapat dua metode yang digunakan yaitu menggunakan data hasil wawancara dengan ahli Board Game dan juga data dari buku, jurnal dan internet. Hasil dari penelitian ini berupa Board Game dengan judul “PAKSARA” dengan Genre Race sebagai
upaya untuk mengenalkan Pakaian Adat kepada anak – anak usia 10 – 12 tahun. Board Game ini diharapkan dapat membuat anak – anak sebagai generasi muda bangsa dapat kembali mencintai dan bangga terhadap pakaian adat yang ada di Indonesia.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Board Game, Pakaian Adat, Anak – Anak
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
Divisions: Fakultas Desain > Prodi Desain Komunikasi Visual
Depositing User: P3M IKADO
Date Deposited: 13 Jun 2024 03:24
Last Modified: 01 Jul 2024 01:32
URI: http://repository.ikado.ac.id/id/eprint/120

Actions (login required)

View Item
View Item