SMARTPHONE MEDIA BERKARYA SENI MASA KINI

Setiaji, Rony Siswo (2020) SMARTPHONE MEDIA BERKARYA SENI MASA KINI. Imaji, 18 (1). pp. 72-78. ISSN 1693-0479

[thumbnail of Article.pdf] Text
Article.pdf

Download (861kB)

Abstract

Dunia telah memasuki Era Revolusi Industri 4.0. Era dimana terjadi percepatan teknologi dan digitalisasi dalam berbagai bidang. Informasi, komunikasi, interaksi, transaksi dan edukasi dapat dilakukan hanya dalam genggaman layar smartphone. Begitu pula dalam menciptakan sebuah karya seni dan desain dapat memanfaatkan teknologi smartphone. Berdasarkan studi pendahulan yang dilakukan peneliti yaitu sekitar 80% mahasiswa seni rupa dan desain tidak menggunakan teknologi smartphone untuk berkarya seni. 60 % dari mereka tidak mengenal aplikasi smartphone yang dapat dimanfaatkan untuk berkarya seni. Tulisan ini bertujuan membahas peran penggunaan teknologi khususnya smartphone dalam kegiatan berkarya seni dan desain. Berikutnya, juga membahas berbagai aplikasi untuk berkarya seni kreatif seperti filpaclip, medibangpaint, procreate, sketchbook, artflow, infinite design serta adobe ilustrator. Terakhir, tulisan ini membahas tentang bisnis karya seni dan desain online melalui berbagai alamat website yang dapat diakses menggunakan layar smartphone. Diharapkan mahasiswa seni rupa dan desain dapat memanfaatkan perkembangan teknologi tidak hanya untuk kepentingan pribadi semata, namun juga kegiatan berkarya seni kreatif serta dapat menghasilkan income.

Item Type: Article
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
Divisions: Fakultas Desain > Prodi Desain Komunikasi Visual
Depositing User: P3M IKADO
Date Deposited: 28 Mar 2024 06:33
Last Modified: 28 Mar 2024 06:45
URI: http://repository.ikado.ac.id/id/eprint/15

Actions (login required)

View Item
View Item