Perancangan aplikasi augmented reality perangkat keras komputer bagi siswa sekolah dasar

Trianto, Edwin Meinardi and Pattiasina, Timothy John and Urip, Felipe Purnomo and Rahmawati, Titasari and Sena, I Gede Wiarta and Soedargo, David Saputra Octadianto (2023) Perancangan aplikasi augmented reality perangkat keras komputer bagi siswa sekolah dasar. Jurnal CoSciTech (Computer Science and Information Technology), 4 (3). pp. 636-644. ISSN 2723-567X

[thumbnail of 6375-Article Text-20722-1-10-20231231.pdf] Text
6375-Article Text-20722-1-10-20231231.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of SERTFIKAT COSCITECH.pdf] Text
SERTFIKAT COSCITECH.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Perancangan_aplikasiaugmented_reality_perangkat_ke.pdf] Text
Perancangan_aplikasiaugmented_reality_perangkat_ke.pdf

Download (2MB)

Abstract

Augmented Reality adalah sebuah sistem atau bentuk kemajuan teknologi dan sudah digunakan dalam beberapa hal yang ada di kehidupan. Penerapan Augmented Reality sebagai suatu media penunjang pekerjaan dan pembelajaran sudah banyak digunakan. Pemanfaatan teknologi Augmented Reality sebagai media pembelajaran dapat menunjang visualisasi dalam bidang pendidikan sekolah dasar khususnya pada pelajaran teknologi informasi dan komunikasi atau yang sering dikenal dengan mata pelajaran TIK. Aplikasi yang dinamakan “Augmented Reality Teknologi Informasi dan Komunikasi” (ARTIK), dikembangkan dengan tujuan menarik minat siswa sekolah dasar dalam menunjang pembelajaran TIK, khususnya pemahaman tentang perangkat keras komputer. Pembuatan aplikasi permainan ini menggunakan tool Unity 3D dan menggunakan sistem operasi android pada smartphone, serta memanfaatkan library Vuforia sebagai modul implementasi Augmented Reality. Metode pengujian yang digunakan adalah metode black box testing, dimana aplikasi ARTIK dapat memunculkan objek 3 dimensi pada smartphone dengan baik dan jelas. Selain itu ARTIK juga memiliki fitur pembelajaran dengan animasi dan modul kuis untuk penilaian seberapa baik penyerapan materi pada pembelajaran. Aplikasi edukasi pembelajaran ARTIK dapat digunakan pada siswa sekolah dasar sebagai penunjang pembelajaran mata kuliah TIK untuk lebih memahami bagaimana bentuk dari perangkat keras dengan menggunakan teknologi Augmented Reality.

Item Type: Article
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Prodi Manajemen Informatika
Fakultas Teknologi Informasi > Prodi Sistem Informasi
Fakultas Teknologi Informasi > Prodi Teknik Informatika
Depositing User: P3M IKADO
Date Deposited: 13 Jun 2024 03:47
Last Modified: 01 Jul 2024 01:36
URI: http://repository.ikado.ac.id/id/eprint/126

Actions (login required)

View Item
View Item