Perancangan Komik Digital untuk Mengedukasi Remaja tentang Isu Pembajakan Film

Bentri, Swesti Anjampiana and Magh'firoh, Restu Hendriyani and Arsyam, Sayyid Farhan (2023) Perancangan Komik Digital untuk Mengedukasi Remaja tentang Isu Pembajakan Film. KONSTELASI: Konvergensi Teknologi dan Sistem Informasi, 3 (2). pp. 297-306. ISSN 2776-3102

[thumbnail of 27_Perancangan+Komik+Digital_edit.pdf] Text
27_Perancangan+Komik+Digital_edit.pdf

Download (951kB)
[thumbnail of Perancangan_Komik_Digital_untuk_Mengedukasi_Remaja.pdf] Text
Perancangan_Komik_Digital_untuk_Mengedukasi_Remaja.pdf

Download (3MB)

Abstract

Abstrak. Perkembangan teknologi di Indonesia membuat besarnya penyebaran film bajakan. Pembajakan film memiliki arti mengkopi, mengedarkan dan menjual suatu ciptaan tanpa izin pencipta untuk keuntungan diri sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk merancang komik digital guna mengedukasi bahaya menonton film bajakan bagi diri sendiri maupun industri perfilman. Metode penelitian yang menggunakan metode kualitatif berupa observasi dan wawancara dengan seorang sutradara film dan komikus webtoon. Observasi dilakukan pada lingkungan yang masih banyak memilih menonton film secara illegal. Proses perancangan dimulai dari mencari ide/refrensi, menulis cerita, mendesain karakter menyusun storyboard, melakukan penebalan pada komik, digitalisasi coloring komik dan mengatur layout penyusunan teks dialog, komik diunggah melalui platform LINE Webtoon. Perancangan webcomic tentang isu pembajakan film memiliki 10 episode yang diunggah ke LINE Webtoon ini berkisah tentang seorang mahasiswa yang bercita-cita menjadi seorang sutradara hebat tetapi di lingkungan sekitarnya masih sering menonton film secara ilegal. Webcomic ini adalah sebuah upaya untuk menyadarakan masyarkat bahwa dibalik sebuah film ada orang-orang hebat yang berjuang dan mencari nafkah. Abstract. Technological developments in Indonesia have increased the spread of pirated films. Film piracy means copying, distributing, and selling a work without the creator's permission for personal gain. This study aimed to design a digital comic to educate people about the dangers of watching pirated films for themselves and the film industry. The research used qualitative methods through observations and interviews with a film director and webtoon comic artist. Observations were made in places where many still choose to watch movies illegally. The design process started with finding ideas/references, writing stories, designing characters, compiling storyboards, thickening comics, digitizing comic colouring, and arranging layouts for composing dialog texts. Comics were then uploaded via the LINE Webtoon platform. The webcomic design on the issue of film piracy has ten episodes uploaded to LINE Webtoon. It tells the story of a student who dreams of becoming a great director, but in his surroundings, he still often watches movies illegally. This webcomic attempts to make people aware that behind a film, there are great people who struggle and make a living.

Item Type: Article
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
Divisions: Fakultas Desain > Prodi Desain Komunikasi Visual
Depositing User: P3M IKADO
Date Deposited: 19 Jun 2024 02:13
Last Modified: 01 Jul 2024 01:34
URI: http://repository.ikado.ac.id/id/eprint/130

Actions (login required)

View Item
View Item