Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Berhitung Siswa TK Melalui Jigsaw Puzzle

Magh'firoh, Restu Hendriyani and Adiwena, Briantito and Bentri, Swesti Anjampiana and Bangsawan, Arjuna and Noviadji, Benny Rahmawan (2023) Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Berhitung Siswa TK Melalui Jigsaw Puzzle. Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat), 3 (3). pp. 110-116. ISSN 2808-2885

[thumbnail of 406-File Utama Naskah-2611-1-10-20230528.pdf] Text
406-File Utama Naskah-2611-1-10-20230528.pdf

Download (388kB)
[thumbnail of Meningkatkan_Kemampuan_Membaca_dan_Berhitung_Siswa.pdf] Text
Meningkatkan_Kemampuan_Membaca_dan_Berhitung_Siswa.pdf

Download (2MB)

Abstract

Bermain merupakan kegiatan yang memberi banyak manfaat bagi anak-anak khususnya usia dini untuk melatih sensor motorik,. Melalui proses bermain, anak-anak juga dapat belajar hal-hal yang berkaitan dengan pengembangan diri, penggalian potensi, dan pembentukan karakter. Menurut hasil wawancara dengan Kepala TK Golden Sun School Driyorejo dan observasi di dalam kelas, diketahui bahwa para siswa membutuhkan media belajar dan bermain yang menyenangkan sekaligus dapat meningkatkan kemampuan belajar khususnya membaca dan berhitung. Puzzle merupakan salah satu permainan yang dapat digunakan sebagai alat mendidik anak, dimana di dalamnya terdapat pengenalan angka, huruf, bentuk dan masih banyak lainnya. Berkaitan dengan hal tersebut, maka tim pelaksana pengabdian kepada masyarakat yang terdiri dari beberapa Dosen Program Studi Desain Produk Institut Informatika Indonesia (IKADO) Surabaya melaksanakan kegiatan pelatihan kepada para siswa TK Golden Sun School Driyorejo tentang belajar dan bermain khusunya membaca dan berhitung menggunakan Jigsaw Puzzle. Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan dengan menggunakan metode diskusi dan praktek langsung yaitu memberikan pemahaman kepada peserta pelatihan tentang topik materi yang disampaikan dan dilanjutkan dengan praktek langsung yang dibimbing oleh tim pelaksana pengabdian. Kegiatan pelatihan ini telah berjalan dengan baik dan lancar serta mendapat respon yang positif dari guru maupun dari para siswa selaku peserta kegiatan pelatihan.

Item Type: Article
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
Divisions: Fakultas Desain > Prodi Desain Komunikasi Visual
Fakultas Desain > Prodi Desain Produk
Depositing User: P3M IKADO
Date Deposited: 03 Apr 2024 10:25
Last Modified: 24 Apr 2024 01:57
URI: http://repository.ikado.ac.id/id/eprint/34

Actions (login required)

View Item
View Item